2 Weeks Before Going Back

Ga terasa 2 minggu lagi gue bakal balik ke Prancis, setelah liburan dan magang di Jakarta selama 3 bulan. Kepulangan gue kali ini bener2 ga direncanain. Udah gitu kan gue sempet pulang 2 minggu di bulan Juli, jadi ga ada kepikiran sama sekali gue bakal balik lagi ke Jakarta. Tapi takdir berkata lain..

Kira-kira 2 minggu setelah selesai liburan di Jakarta, tepatnya di awal Agustus, gue terkena suatu penyakit, di suatu malam tiba2 gue pipis 30 menit sekali. Memang pipisnya ga perih, tapi itu bener-bener mengganggu. Bayangin aja 30 menit sekali. Diagnosa dokter yang pertama adalah infeksi saluran kemih. Udah ganti obat antibiotik sampai 2 kali belum sembuh juga. Lalu si dokter nyuruh gue tes urin, dan hasilnya negatif terhadap bakteri, itu artinya ga ada infeksi. Habis itu gue balik lagi ke dokter, dan pas bgt dokter ini bukan dokter gue yang biasa, dia bilang gue terkena gangguan yang bernama Overactive Bladder (OAB). Penyakit ini terjadi karena gangguan di otot dan saraf kandung kemih, yang menyebabkan gue pipis-pipis terus. Penyakit ini biasanya menyerang orang tua dan jarang anak muda kaya gue. Gue sempet kaget dan ga percaya waktu itu, karena si dokter ini main diagnosa aja, padahal gue belum dicoba USG. Ga berapa hari gue ke dokter gue yang biasa dan dia suruh gue USG. Di Prancis itu dokternya serba ngantri. Begitu pula USG. Gue dapet jadwal USG seminggu kemudian, itu aja udah bersyukur banget, karena banyak tempat radiologi yang baru bisa USG sebulan kemudian. WHAT THE HELL.  Keburu mati kali pasien kalo kaya gitu caranya.

Udah USG, hasilnya pun keluar dan gue dinyatakan normal alias ga ada apa2 di saluran kemih gue. Saat itu gue lagi dalam masa pindahan dari Orleans ke Paris. Jadi selanjutnya gue harus cari dokter di Paris. Saat itu gue ke dua dokter, Urolog dan Spesialis Pencernaan. Gue ke spesialis pencernaan juga karena semenjak sakit pipis-pipis ini gue juga jadi berasa pengen boker terus kalo pagi. Bisa kali gue bolak balik boker 3-5 kali di pagi hari. Si Urolog ngantri 2 minggu, sementara si pencernaan ngantri seminggu. Bener2 sistem kesehatan Prancis yang menyebalkan. Gratis sih, tapi ya ngantrinya lama. Urolog bilang gue kena Overactive Bladder dan dikasih obat untuk diminum setiap hari selama 2 bulan. Penyakit ini benar-benar menyebalkan, karena lo musti tunggu 1-2 bulan baru tau kalo obatnya cocok apa ga. Sementara sama Spesialis Pencernaan gue dikasih obat diare, yang akhirnya ga gue minum, karena gue ga diare, gue merasa gue boker2 terus karena emang saraf saluran pipis dan pup itu nyambung, jadi kalo pingin pipis terus, bisa membuat gue pengen boker terus juga. Waktu itu kira-kira gue udah sakit selama 2 bulan, itu salah satu titik terbawah gue di Prancis karena sakit di luar negeri itu benar-benar menyebalkan. Ga ada keluarga yang nemenin dan ngurusin, temen gue juga ga banyak. Ada masanya saat gue masih di Orleans dimana gue sedih banget dan ketakutan ga sembuh. Mana waktu itu gue kerja dari rumah, makin parah berasa kesepiannya dan ga ada pengalih perhatian sama sekali. Parah. Gue bener2 down sampe akhirnya gue memutuskan untuk magang di Jakarta, sekalian berobat di Jakarta. Berobat di Jakarta itu lebih nyaman, karena ngomong sama dokternya nyaman, pake bahasa lo sendiri dan dokter Indonesia itu simpatik banget, ga kaya dokter Prancis yang cuek. Dokter Indonesia juga ga pake ngantri dan lo akan selalu mendapat support dari keluarga lo. Ruginya cuma 1: dokter sini ga gratis hahaha. Jadi gue ada periode magang Okt-Des, dan itu bisa dimana aja. Pas banget, gue bisa ke Jakarta buat berobat sekalian magang.

Jadilah gue pulang ke Jakarta di awal Oktober. Bener-bener ga diduga, karena dari awal gue udah berencana magang di Paris. Tiba2 karena sakit gini jadi musti balik Jakarta. Dokter Jakarta juga bilang hal yang sama yaitu Overactive Bladder. Gw disuruh minum obat baru selama sebulan dan belum sembuh juga. Habis itu dokter suruh gue CT Scan, karena dia takut ada sesuatu di kandung kemih gue. Hasilnya normal, ga ada apa-apa, ga ada penyakit serius. Diagnosa masih tetep OAB. OAB ini memang ga bisa dibuktikan dengan apapun kaya USG atau tes urin, jadi kadang gue masih bertanya2 apa bener gue sakit ini. O iya, terakhir si dokter bilang gue sakit Inkontinensia. Penyakit ini mirip sama OAB tapi bedanya kalo OAB pipisnya sedikit2 dan selalu kebangun di malam hari, sementara Inkontinensia ga. Melihat kalo di kandung kemih gue ga ada apa-apa dan dia tetap pada diagnosa Inkontinensia, dokter pun menyuruh gue untuk fisioterapi untuk mengencangkan otot kandung kemih. Sekarang gue lagi dalam masa fisioterapi gue. Tadi pagi habis fisio ke-6 dari 10 yang harus gue lalui. Di fisioterapi perut gue dipanasin gitu pake gelombang dan gue disuruh latihan senam kegel untuk mengencangkan otot kandung kemih. Kegel disuruhnya di rumah juga setiap pagi dan malam, tapi kadang gue suka lupa atau kecapean habis pulang malem, jadi belum rutin gue lakukannya. Saat ini gue juga lagi mencoba obat ke-3 dan gue udah ogah-ogahan makannya, karena gue merasa semua obat ga ngaruh buat gue jadi gue suka males dan lupa minum obat juga. Selain itu, gue juga mencoba akupuntur. Udah beberapa kali bolak balik belum ada hasilnya juga. Sekarang yang gue rasain sih penyakitnya masih ada, cuma banyak pengalihannya kaya kerjaan atau ketemu temen, jadi ga berasa sakit-sakit amat. Kebayang kalo sendirian di luar negeri pengalihannya sedikit jadi sakit mulu yang dipikirin, makin stres gue.

Jadi udah hampir 5 bulan gue sakit ini, dan bentar lagi gue musti balik ke Paris. Gue udah kangen sih sama Paris, tapi dengan penyakit yang belum sembuh ini bener-bener ga nyaman kalo gue balik ke sana, mana lagi winter. Udara dingin makin memicu penyakit gue ini. Huff~ Pasrah aja lah gue. Gue baca di google sih penyakit kaya gini bisa lama sembuhnya, malah bisa tahunan. Amit-amit deh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s