mendengar.

mendengar bukanlah hal yang mudah. apalagi buat saya, yang sejujurnya, lebih suka berbicara daripada mendengar.

tapi kemarin gw melihat quote yang isinya kira2 begini :
‘mendengar itu lebih baik daripada berbicara terus menerus’

banyak orang yang dewasa ini hanya berbicara, berbicara dan berbicara. tidak mendengar kata2 orang di sekitarnya. oke. mendengar mungkin, tapi menyimak belum tentu. ada perbedaan antara mendengar dan menyimak, kalau dalam bahasa inggris mungkin antara hear dan listen..

nah, gw belakangan lagi mencoba mendengarkan orang, menerima masukan dari orang lain. berpikir sebelum berbicara. dan siap menerima kritik. dua orang teman pernah mengatakan hal ini pada saya :

‘lo orangnya ga suka dengerin kata-kata orang ya. padahal sebenernya bagus loh buat masukan. they do care of you’ -RBM

‘makanya jadi orang jangan tertutup” – EMI *gw ngerti maksud dia tertutup itu ga terlalu mau dengerin kata orang, dan bertindak dengan cara gw sendiri.

ada baiknya memang bertindak dengan cara sendiri. tidak terlalu mendengarkan kata orang lain. apalagi kalo orang itu bermaksud menjatuhkan kita. tapi ga ada salahnya juga mendengarkan saran dan masukan orang lain selama tujuannya baik.

well i’ll try. try to listen before i speak. listen after i speak. or just listen.

Advertisements

3 thoughts on “mendengar.

  1. Hmm… kok gw ga setuju ya sama pendapat si RBM tentang lo, hahaha.

    trus gw quote kalimat lo yang ini:
    …ada baiknya memang bertindak dengan cara sendiri. tidak terlalu mendengarkan kata orang lain. apalagi kalo orang itu bermaksud menjatuhkan kita. tapi ga ada salahnya juga mendengarkan saran dan masukan orang lain selama tujuannya baik.

    Gw pikir dari dulu lo udah kaya gitu kok. Kalo pun lo ga dengerin orang lain ya karena lo tau apa yang terbaik buat lo. Jadi lo ga gampang terpengaruh kata orang lain yang jelek2. Ga kaya gw ;p

    Apa emang gw yang belum terlalu mengenal lo? Hahaha.

  2. hmm.. gimana ya.
    sebenernya omongannya RBM *nih orang kupingnya panas disebut2 mulu hahhaha* ada benernya juga. tapi omongan lo juga ada benernya (paragraf ke-3). hehhehe.

    btw, tumben komen lo panjang 😛

  3. btw, sebenernya waktu dia berkomentar seperti itu dia belum kenal gw banget si.. dia cuma menebak2 dan membaca aura. hahahhaa.
    tapi menurut gw ada benernya juga omongannya dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s